Info Sekolah
Kamis, 20 Jan 2022
  • Pendaftaran Baru Tahun Pembelajaran 2022 /2023 SDIT Al Hikmah akan di buka Bulan November 2021

Permainan Sederhana

Diterbitkan :

RANGKUMAN PERMAINAN SEDERHANA

“ KELAS 4 SDIT ALHIKMAH “

 

Permaianan sederhana merupakan permainan untuk pembelajaran kelincahan gerak dengan menggunakan gerak dasar atletik yaitu menggabungkan antara gerakan lari dan lompat.

Pernahkah kamu mendengar istilah atletik? Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang atas lari, lompat, lempar. Gerak dasar atletik dikenal manusia sejak zaman prasejarah. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kegiatan jalan, lari, lempar, dan lompat. Kegiatan tersebut adalah gerak dasar dari latihan atletik. Tahukah kamu bagaimana cara melakukan gerak dasar atletik yang baik dan benar?

Atletik adalah salah satu cabang olahraga perorangan yang terdiri atas nomor lari, lompat, lempar, dan tolak. Dalam pertandingan/lomba atletik hampir sebagian besar dilakukan di lapangan atletik (circuit) dengan keliling 400 meter minimal memiliki 4 lintasan. Istilah atletik berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari kata Athlon yang artinya berlomba atau bertanding. Kita akan menjumpai kata pentathlon yang terdiri atas kata panca artinya lima dan athlon yang artinya lomba. Arti selengkapnya adalah lomba atau perlombaan yang terdiri atas lima nomor.

Cabang atletik adalah olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia. Berlari, meloncat, dan melempar bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah panjang kehidupan manusia.

Kalau kita mengartikan perlombaan atletik, pengertiannya meliputi perlombaan jalan cepat, lari, lompat, dan lempar yang disebut dalam bahasa Inggris dengan istilah track and field yang diterjemahkan dalam bahasa Indone-sia adalah perlombaan yang dilakukan di lintasan (track) dan di lapangan (field).

Pada jam istirahat di sekolah, kalian bersama teman-teman bermain sepak bola, petak umpet, dan lain-lain. Dalam permainan itu kalian berlari, berjalan, melompat, dan meloncat. Tanpa kalian sadari bahwa semua kegiatan yang kalian lakukan itu adalah dasar-dasar cabang olahraga atletik. Dalam cabang olahraga atletik terdapat nomor-nomor lari, lempar, dan lompat. Semua nomor-nomor dalam atletik ini terdapat pada semua cabang olahraga. Oleh sebab itu, atletik dikatakan induk cabang olahraga.

Kalian tentu ingin lebih memahami dan menguasai cabang utama olahraga ini kan? Ayo kita membahasnya bersama!

Atletik dalam bahasa Jerman mempunyai pengertian yang sangat luas meliputi berbagai cabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan, seperti: renang, bola basket, tenis meja, sepak bola, dan senam.

Lapangan perlombaan atletik berbentuk oval memanjang dengan kedua sisi kiri dan kanannya setengah bulatan yang sama besarnya. Di dalamnya terdapat lintasan. Semua nomor yang dilombakan dilakukan di lintasan ini dengan ketentuan-ketentuan yang dibakukan oleh badan atletik taraf internasional.

Lapangan atau lintasan atletik ini, terdiri atas beberapa bagian, sebagai berikut:

Lintasan Lari

Satu keliling lari dibuat agar panjangnya 400 meter, dibatasi dengan garis yang dibuat dari semen, kayu atau bahan lain yang lebarnya 5 cm dan tingginya 5 cm.

Untuk perlombaan internasional sekurang-kurangnya harus mempunyai 6 lintasan idealnya mempunyai 8 lintasan.

Lebar setiap lintasan minimal 1,22 meter maksimumnya 1,25 meter dibatasi garis yang tebalnya 5 cm.

Kemiringan lintasan yang diizinkan adalah tidak melebihi 1 : 100 untuk kemiringan ke samping, 1 : 1000 untuk kemiringan pada arah lari.

Start dan Finish

Start dan finish perlombaan lari disertai dengan satu garis yang lebarnya 5 cm.

Jarak lari diukur sisi garis start yang terjauh dari garis finish yang terdekat dari start.

Start harus diatur sedemikian rupa sehingga jarak dari start sampai finish sama setiap peserta lomba.

Dua buah tiang finish putih dipasang panjangnya garis start, sekurang-kurangnya 30 cm dari tepi lintasan.

Tiang finish dibuat dari bahan kayu, tinggi 1,37 m, lebar 8 cm, dan tebal 2 cm.

Balok Start

Balok start dibuat dari bahan kayu yang dapat diatur, tetapi tidak memakai per atau alat lain yang dapat memberikan bantuan terhadap atau kepada pemain. Balok start mudah dan cepat dipasang dan disingkirkan tanpa merusak lintasan.

Bentuk-bentuk Latihan Atletik

Bentuk-bentuk latihan atletik yang akan dibahas dalam pelajaran ini, kita akan mengenal beberapa poin yang akan dibahas di bawah ini, yakni: latihan bolak-balik memindahkan benda.

Latihan bolak-balik adalah salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan. Latihan ini dilakukan dengan memindahkan benda bolak-balik dengan jarak 10 meter.

Lapangan

  • lintasan lari yang datar berjarak 10 meter dengan kedua ujungnya dibatasi oleh garis lurus;
  • pada kedua ujung lintasan dibuat setengah lingkaran dengan jari-jari 30 cm;
  • balok-balok kayu yang berukuran 5 x 5 cm.

Pelaksanaan

Langkah-langkahnya, adalah:

  • mula-mula kalian berdiri tegak dan salah satu ujung jari kakimu sedekat mungkin dengan garis start;
  • start yang digunakan adalah start berdiri;
  • setelah siap segera berlari menuju ke garis batas untuk mengambil dan memindahkan balok pertama ke setengah lingkaran yang berada di tempat garis start.
  • kemudian kalian mengambil lagi menuju ke garis batas untuk mengambil dan memindahkan balok kedua ke setengah lingkaran yang berada tepat garis start. • latihan dilakukan bolak-balik

secara berulang memindahkan balok sebanyak 10 balok.

  • latihan ini diberikan dalam bentuk perlombaan. Siswa yang pertama kali menyelesaikan pemindahan 10 balok dinyatakan sebagai pemenang.

Berlari dalam Berbagai Berlari

Lari di Tempat

Lari di tempat adalah salah satu latihan untuk memperkuat otot kaki. Latihan lari di tempat dilakukan sebelum pemain melakukan lari dengan cepat. Latihan harus dilakukan berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • pertama-tama berdiri tegak, kedua kaki rapat;
  • kemudian, angkat pada kaki kanan hingga lutut kanan membentuk sudut 90 derajat;
  • selanjutnya pada kaki kanan diturunkan hingga kaki kanan menyentuh tanah; • angkat kaki kiri hingga lutut kaki kiri membentuk sudut 90 derajat;
  • lakukan berulang-ulang dengan bergantian kaki kiri dan kanan;
  • latihan ini dapat pula divariasikan dengan mulai dari lambat kemudian cepat.

Lari di Tempat Dilanjutkan dengan Berlari Cepat

Latihan lari di tempat dilanjutkan dengan berlari cepat. Berlari cepat ini dilakukan untuk mengoordinasikan lari di tempat, kemudian berlari. Latihan ini di samping melatih kekuatan otot kaki, berguna pula untuk melatih daya tahan tubuh. Langkah-langkahnya, adalah:

  • pertama-tama berdiri tegak kedua kaki rapat;
  • lari di tempat dengan cara mengangkat paha kaki kanan hingga lutut kaki kanan membentuk sudut 90 derajat dan sebaliknya;
  • selanjutnya, apabila ada aba-aba dari guru ”Ya”, siswa berlari secepat-cepatnya sampai menempuh jarak 10 meter;
  • latihan ini dapat diulang sampai 3-4 kali;
  • jarak dapat ditambah, misalnya 20-30 meter;
  • latihan ini dapat dilakukan dalam bentuk perlombaan;
  • siswa yang pertama kali memasuki garis finish dinyatakan sebagai pemenang.
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

guru sditalhikmah

Tulisan Lainnya

Oleh : guru sditalhikmah

Jaring-jaring Kubus dan Balok

Oleh : guru sditalhikmah

RAKER GURU SEMESTER GENAP T.P. 2019/2020

Oleh : guru sditalhikmah

TAJWID (IDGHAM) kelas 3

Oleh : guru sditalhikmah

Belajar Disiplin Sejak Dini

Oleh : guru sditalhikmah

Hukum Mim Sakinah (Mim Mati)