Sedikit cerita aku mungkin bukan orang yang memiliki kesabaran yang banyak. Memutuskan untuk menjadi seorang guru itu sebuah keputusan yang harus di pikirkan secara matang.

Liburan telah usai saatnya kembali beraktifitas dengan hati yang baru. Selamat datang di tahun ajaran baru, tahun ajaran 2019-2020. Seperti biasa saya mendapatkan untuk mengajar kelas 6 seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengalaman berharga dan banyak rintangan. Karna mempunyai tanggung jawab besar. Terkhusus saya yang mengajar Bahasa Inggris dituntut untuk mengimprove kemampuan anak-anak.

Pertama masuk di kelas saya seperti biasa menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa di kelas tapi saya kaget kenapa kelas menjadi hening tanpa suara, saat saya rubah bahasa  inggris ke bahasa indonesia ternyata saya baru tahu kalau sebagian besar dari mereka tidak mengerti. karna juga ada sedikit banyak dari mereka yang tidak paham bahkan baru sedikit tahu tentang kosa kata bahasa inggris. PR yang besar tentu nya buat saya. Anak-anak saya tugaskan setiap masuk kelas diwajibkan menghafal setidaknya 3-5 kosa kata baru, selain menambah kosa kata, melatih percaya diri dan melatih mereka untuk speak up bahasa inggris mereka.

Mungkin apakah murid-murid harus dibiasakan berbicara bahasa inggris sedini mungkin atau dari kelas 1 jadi pada saat mereka di kelas 6 mereka sudah berani untuk cas-cis-cus berbicara bahasa inggris 🙂

 

~DSR~