Outing Class To PLANETARIUM kelas 2

Hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019, kelas 2 paralel SDIT Al Hikmah mengunjungi Planetarium, kami berangkat pada pukul 07.56 sampai di lokasi pukul 09.12, Sesampainya di lokasi, kami dipersilahkan untuk mengantri sambil mebunggu biaya administrasi pembayaran.

Sambil menunggu administrasi di dalam ruangan ini memamerkan berbagai gambar dan foto benda-benda luar angkasa.

Setelah melihat-lihat gambar dan foto luar angkasa dan administrasi sudah selesai kami memasuki ruang pertunjukan di lantai 2. Berbeda dengan ruang pertunjukan bioskop,  layar di ruang pertunjukan planetarium berbentuk kubah setengah lingkaran, kami bisa menonton dengan duduk di kursi yang bisa direbahkan yang memudahkan kita untuk melihat seluruh layar,  persis ketika kita memandang langit. Di tengah ruangan terdapat proyektor yang berbentuk bola yang berfungsi untuk memproyeksi gambar ke layar kubah sehingga membentuk tampilan gambar seperti 3 dimensi.

Lampu ruangan mulai dipadamkan,  pertunjukan pun di mulai (pada pukul 09.55). Perlahan-lahan muncul suasana langit malam. Narator menjelaskan kepada pengunjung bahwa itu merupakan pemandangan langit jakarta pada malam hari.

Dijelaskan pula bahwa langit malam jakarta tidak terlihat begitu cerah karena banyak polusi udara. Melihat bintang malam hari di jakarta adalah suatu hal yang mustahil, karena terdistorsi oleh cahaya lampu-lampu kota.

Narator menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali terdapat rasi bintang sekitar 80 an.  Dengan ditampilkan garis-garis bintang yang membentuk sesuatu nama rasi bintangnya.

Setelah perkenalan dengan rasi bintang,  pengunjung diperkenalkan dengan benda-benda langit lain seperti komet,  meteor,  meteroid,  asteroid dan fenomena hujan meteor.

Pertunjukan pun beralih dengan pengenalan terhadap tata surya kita.  Pengunjung dijelaskan tentang susunan planet-planet,. Di sini dijelaskan pula mengapa pluto tidak lagi digolongkan sebagai planet besar melainkan planet kerdil.

Pertunjukan yang paling seru pun dimulai, pengunjung seolah-olah akan dibawa menuju keluar bumi,  bahkan keluar dari tata surya kita. Proyektor gambar yang bergerak membuat kita seolah-olah benar-benar terbang keluar angkasa.  Kita bisa melihat galaksi lain yang letaknya sangat jauh dari bumi. Dari sini pun kita bisa melihat betapa kecilnya bumi dibanding dengan jutaan galaksi lainnya.

Setelah puas berjalan-jalan di luar angkasa.  Pertunjukan diakhiri dengan pemandangan langit jakarta pada pagi hari.

Selesai pertunjukan anak-anak kelas 2 paralel mengerjakan lembar kerja (LK)  yang telah disediakan.

Setelah itu kami makan bersama dilanjut dengan shalat dzuhur berjamaah di masjid,  diakhiri dengan mengunjungi perpustakaan daerah DKI Jakarta,  dan alhamdulillah kami sampai di sekolah dengan selamat pada pukul 14.57.