Info Sekolah
Kamis, 20 Jan 2022
  • Pendaftaran Baru Tahun Pembelajaran 2022 /2023 SDIT Al Hikmah akan di buka Bulan November 2021

Aku dan Khodijah

Diterbitkan :

Kesekian kalinya dipercaya sebagai wali kelas 6, ini adalah kali kedua menjadi wali kelas para sholihah cantik. Berbekal informasi dari walas-walas sebelumnya mengenai karakteristik anak-anak Khodijah, Bismillah, saya mantapkan diri untuk menjadi bagian dari mereka. Bagiku, setiap kelas selalu punya “ceritanya” masing-masing. Yaaahh, anggap aja ini tantangan dan fasilitas untuk memperkaya ilmu dan amal.

Sejak awal sempat terbayang akan seperti apa kondisi kelas khodijah. Mereka yang kesemuanya adalah akhwat, maka perlu pendekatan dengan lebih memaksimalkan pertimbangan hati daripada logika. dan memang benar saja, beberapa diantara mereka adalah tipe anak-anak yang gemar bercerita tentang apa saja yang mereka alami. Mulai dari hubungan pertemanan mereka, keluarga mereka bahkan tentang film yang sedang tayang saat ini.

Kalau secara akademik, kemampuan mereka hampir merata kecuali untuk anak-anak tertentu yang memang prestasi akademiknya unggul. Dalam belajar, ada beberapa anak yang sudah menguasai pelajaran dan bersedia mengajarkan teman-teman yang kurang paham. Hal ini mereka lakukan dengan kesadaran masing-masing. sehingga ada anak yang awalnya tidak suka dengan satu mata pelajaran karena dibantu dengan tutor dari temannya, lama-lama jadi senang dan mau berusaha untuk mandiri. Hal ini bisa terlihat dari motivasinya ketika pelajaran berlangsung dan adanya peningkatan nilai pada pelajaran tersebut. Meskipun masih ada beberapa anak yang belum signifikan dalam ketuntasan belajarnya, tapi Bismillah dan Biidznillah semoga kelak perubahan-perubahan positif akan bermunculan dari diri mereka.

Khodijah bukan hanya kelas belajar bagi anak-anak kelas 6 saja tapi sekaligus juga kelas belajar bagi saya. Belajar mengenali karakteristik 28 anak, belajar menyelami perasaan mereka, belajar memahami gaya belajar mereka, belajar mengelola emosi saya juga, belajar memperkaya ilmu saya supaya bisa mengimbangi zaman mereka dan lain lain. Semoga kelak semua itu jadi ladang amal jariyah di akhir usia nanti… Aamiin

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

guru sditalhikmah

Tulisan Lainnya

Oleh : administrator

Bagaimana menulis di blog ini

Oleh : guru sditalhikmah

Wownya 6 Anas

Oleh : guru sditalhikmah

Debit