Kunjungan ke PP-IPTEK

Hari ini, Selasa, 28 Januari 2020. Siswa-siswi kelas 5 SDIT Al-Hikmah mengadakan kunjungan ke Pusat Peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi kelas 5 mengenai peraga-peraga sains yang menarik dan menyenangkan.

Sehari sebelumnya, siswa-siswi kelas 5 telah diberikan pengarahan mengenai run down kegiatan, pembagian kelompok, ketua kelompok,  tugas masing-masing selama kunjungan, dan lain-lain.

Alhamdulillah, Allah memberikan kelancaran kepada kami selama pelaksanaan kunjungan. Kami berangkat menuju PP-IPTEK tepat waktu loh! Pukul 07.30 tepat. Perjalanan menuju ke sana pun tidak mengalami kendala yang berarti. Perjalanan lancar sehingga kami tiba sesuai dengan perkiraan, yakni pukul 08.30. Kami menggunakan dua armada bus, yakni Natama Bus yang sopirnya sangat ramah dan baik.

                Setibanya di PP-IPTEK, kami langsung disambut oleh kakak pendamping dari PP-IPTEK dan diberikan pengarahan mengenai wahana-wahana yang ada di sana. Di dalam PP-IPTEK kami bergerak sesuai dengan kelompok kami masing-masing dan langsung mencari peraga yang menarik di sana. Beberapa siswa terlihat asyik memainkan permainan sepeda gantung, ada yang sangat antusias melihat bagian tubuh pesawat, ada yang bermain di ruang gelap, simulasi gempa, dan terdapat wahana yang menarik di lantai paling atas, mengenai lapisan bumi, ozon, dan kesehatan paru-paru dan sejarah mengenai lembaga biologi molekuler eijkman,yakni lembaga penelitian pemerintah yang bergerak di bidang biologi molekuler dan bioteknologi kedokteran. Lembaga ini bernaung di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Sayang sekali kami tidak dapat menikmati wahana laser trap dan lorong ilusi karena saat itu sedang dalam perbaikan. Namun kami cukup terhibur dengan menonton dua buah film dokumentasi, yakni film yang berjudul 4,6 Milyar Tahun Hadiah Bumi dan Natural Born Killer Predator.

                Tepat pukul 14.45 kami meninggalkan PP-IPTEK kembali ke SDIT Al Hikmah. Kunjungan ke PP-IPTEK kali ini sangat berkesan dan memberikan pengalaman serta ilmu pengetahuan baru bagi kami semua.

Link FOTO

@Mr. Irsan Anwar Siregar