SIMULASI MANASIK HAJI SDIT AL HIKMAH T.P. 2019/2020

Segala puji milik Allah ta’ala. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam, kepada keluarga dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum, para tabi’indan tabi’ut-tabi’in rohimahumullah dan kepada semua kaum muslimin yang berpegang teguh pada sunnahnya. Amien

Allah berfirman yang maknanya :

“Ibadah haji merupakan kewajiban manusia kepada Allah, yaitu bagi mereka yang mampu melakukan perjalanan ke ka’bah Baitullah. Barangsiapa yang mengingkarinya maka sesungguhnya Allah maha kaya dan tidak memerlukan sesuatu dari alam semesta” [Ali Imran 3 : 97].

Haji adalah merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah haji adalah wajib bagi seluruh kaum muslimiin yang memiliki kemampuan secara financial, fisik dan aman dalam perjalanan. Mereka yang mampu menunaikan ibadah haji merupakan manusia manusia pilihan apabila ibadah mereka benar-benar niat karena mencari ridho Allah ini merupakan alasan penting kita mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berlatih ta’alla semata serta memahami dan memenuhi rukun dan wajib haji tersebut.

SDIT Al-Hikmah Bintara sebagai wadah pendidikan Islam memberikan kesempatan untuk bergabung melakukan praktek kegiatan haji dan umrah melalui Manasik Haji dan Umrah untuk siswa, guru, orangtua, dan masyarakat.  Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, hari pertama Senin, 07 Oktober 2019 adalah gladi bersih di sekolah yang sebelumnya selama 1 pekan anak-anak diberikan materi manasik haji berupa video dan penjelasan oleh guru agamanya di kelas masing-masing, di hari kedua Selasa, 08 Oktober 2019 baru siswa/i melakukan simulasi manasik haji di Islamic Center Bekasi Plaza Ka’bah.

Terdapat 3 kloter pemberangkatan yang diangkut 6 bus secara simultan pulang pergi. Diawali kloter 1 kelas 5&6, kloter 2 kelas 1&2 dan terakhir kloter 3 kelas 3&4, kloter yang menunggu pemberangkatan dikelas mereka menonton video lalu mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa yang sudah dibuat sebelumnya oleh MGMP PAI SDIT AL HIKMAH yaitu Ustadz Setiawan, S.Pd.I, Ustadz Andrian Hata, S.Pd.I dan Ustadz Muhammad Yunus, S.Pd.I.

Acara Simulasi Manasik haji ditutup dengan makan besar kerjasaman YPI AL HIKMAH dan komite sekolah FKKS AL HIKMAH dengan menu nasi kebuli, walilillhilhamd.

foto-foto dan video (silahkan klik)